Sunday, May 27, 2007

mengurus-visa-student

Langkah-langkah untuk mengurus Visa Student di PSU HatYai Thailand adalah:
1. Menyampaikan maksud ke Ajarn secara langsung dan mengikuti apa yang beliau sampaikan. ATAU
2. Minta tolong ke rekan Thai menolong menyampaikan maksud ke Administrator Jurusan juga bisa sebagai alternatif.

Life4aak menyarankan Anda bisa tempuh keduanya untuk menjalin komunikasi dengan semua elemen he he he he:-) Terserah Anda memilih caranya. OK.

Memilih yang pertama: Menyampaikan maksud ke Ajarn secara langsung (tidak diwakilkan), karena soal Visa student adalah soal status Anda di PSU atau status Anda di Negara Thailand secara globalnya. Setelah menyampaikan maksud maka tunggu apa yang Ajarn katakan. Perhatikan baik2 apa yang disampaikannya. Akhirnya lakukan yang dia minta.

Hasilnya: Pengalaman kami pernah diminta menghubungi langsung Department tepat kami belajar, Administratornya biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukannya, hanya perlu menunggu dia meminta dokument Anda berupa Passport lengkap. Lengkap maksudnya semua dokument2 yang diberikan ketika diperjalanan mau ke HatYai dari Indonesia harus dibawa serta. Admin biasanya mengcopykan bagian mana saja dari Pasport itu yang diperlukan.

Setelah dokument lengkap, Anda diminta untuk menunggu sampai selesai dari Department tempat Anda mengajukan Visa Student. Life4aak menunggu kurang lebih dua atau tiga minggu setelah dari Departmen itu. Iya maksimum sebulan lah iya. Anda hanya perlu menunggu dan menanyakan kalau sudah sekitar tiga mingguan. Biasanya kalau Surat Keterangan tersebut sudah tiba di Department maka Administrator or Petugas akan menelepon or mengubungi rekan Thai or Anda sendiri untuk menyampaikan bahwa Surat Keterangan Student sebagai Master Student or sebagai Doctoral Student sudah bisa diambil.

Setelah Surat Keterangan Student Anda terima trus gimana dong?. Langkah berikutnya adalah:
1. Mengcopy surat keterangan itu 1x sebagai Arsip buat Anda pribadi atau enggak dicopypun enggak apa apa.
2. Bawa dokument tersebut ke POLICE Station di HatYai.